Berita

STUDI TIRU SEKOLAH INOVASI MODERASI BERAGAMA DARI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN TUBAN KE SMA NEGERI 1 KESAMBEN KABUPATEN BLITAR

Jumat, 19 Juli 2024 19:31 WIB
  • Share this on:

Kab. Blitar (PAIS) - PAIS Kemenag Kab. Blitar BerkarakterKegiatan Studi tiru yang diadakan pada hari Jumat tanggal 19 Juli 2024 dari Seksi PAIS Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban mengunjungi SMA Negeri 1 Kesamben Kabupaten Blitar guna menimba ilmu tentang Sekolah Inovasi Moderasi Beragama dimana sekolah tersebut telah menyabet juara 3 Tingkat Nasional Sekolah Inovasi Moderasi Beragama. Merupakan kebanggan tersendiri bagi Kementerian Agama Kabupaten Blitar yang mana telah berhasil mendampingi dan saling mendukung dengan Diknas Kabupaten Blitar begitu juga SMA Negeri 1 Kesamben yang membawa nama harum Jawa Timur. (19/07/2024)

Kedatangan rombongan dari Tuban disambut dengan melakukan walking tour sekitar sekolah menuju ke Lapangan untuk menyaksikan peresmian Lapangan Indraloka dan berdoa Bersama dengan siswa siswi SMA Negeri 1 Kesamben. Dilanjutkan dengan melihat upacara doa pagi dalam setiap agama, di SMA Negeri 1 Kesamben terdapat 5 agama yang masing-masing telah diberi fasilitas untuk melakukan kegiatan keagamaan.  

Cacuk Harsoyo, S.Pd menjelaskan, “ Dalam pembelajaran dan setiap harinya kami tidak membeda-bedakan dalam hal apapun, tidak ada pengelompokan dalam masing agama jadi kami disini memiliki hak yang sama terutama dalam hal kegiatan keagamaan, dari siswa maupun gurunya “. Selaku Kepala Sekolah di SMA Negeri 1 Kesamben Cacuk juga mengharapkan untuk guru-gurunya selalu menjadi contoh terhadap anak didiknya yg memiliki keragaman Agama.

“ Dalam PP No 55 Breakdown dari SisDiknas  bahwa murid berhak menerima ajaran agama sesuai dengan agama yang dipeluk oleh murid tersebut dan diajarkan oleh guru yang agamanya sama dengan muridnya “, jelas Drs. H. Moh. Rosyad, M.Si selaku Kasi PAIS Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blitar. “ Yang paling penting tanggal 24 sampai tanggal 31 Kementerian Agama Kabupaten Blitar akan belajar Insersi yaitu penyisipan nilai-nilai Moderasi  Bergama pada Mapel Agama, mata pelajaran apa disesuaikan dengan BAB Bahasanya masing-masing “, tambah Rosyad.

Rombongan dari Tuban sangat terkesan dan banyak sekali hal-hal yang tidak ada di Kabupaten Tuban,  ada di SMA Negeri 1 Kesamben. Kali ini merupakan pengalaman yang luar biasa dari Kabupaten Tuban dengan adanya Study Tiru ini banyak sekali yang bisa dicontoh untuk sekolah di Kabupaten Tuban. “  Ilmu dan pengalaman yang saya peroleh disini luar biasa ini akan saya tularkan ke teman-teman yang ada di Tuban paling tidak meniru sesuai dengan tujuan dari study tiru ini “, tambah Kasi PAIS Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban Imam syafi'i S.Ag, M.A. ( SANIA )

 

 

 

Editor:
Axelda Martha
Penulis:
Tsaniatu Rachmanita Syafithri
Fotografer:
Sania

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Doa Lintas Agama dalam Peringatan HAB ke-77 Kementerian Agama, Wujud Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat
  • Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kakankemenag Kab. Blitar: Teladani Nilai-nilai Warisan Ki Hajar Dewantara
  • - Pengukuhan Pengurus BKM Kabupaten Blitar Periode 2023-2027, Rabu (25/11/2023).
  • - Apel Korpri Kankemenag Kab. Blitar