Berita

Sedekah Subuh MIN 13 Blitar di Bulan Ramadhan: Berbagi Menguatkan Ukhuwah Islamiyah

Rabu, 3 April 2024 12:10 WIB
  • Share this on:

Kab. Blitar (MIN 13) - Serangkaian acara untuk memeriahkan bulan suci Ramadhan 1445 H telah dilakukan oleh keluarga besar MIN 13 Blitar. Dimulai dari kegiatan Pondhok Ramadhan, Festival Ramadhan, hingga yang terbaru adalah Ramadhan Berbagi yaitu kegiatan penyaluran paket sembako kepada siswa dan warga sekitar sekolah yang berhak dan membutuhkan. Dengan mengusung tema “Berbagi Menguatkan Ukhuwah Islamiyah”, kegiatan penyaluran paket sembako pada hari Rabu, 3 Maret 2024 ini diikuti oleh seluruh guru, karyawan, dan siswa MIN 13 Blitar yang turut serta untuk mengemas dan mebagikan paket sembako. Kegiatan penyaluran paket sembako ini merupakan bentuk realisasi dari pengumpulan sedekah subuh yang telah rutin dilakukan oleh siswa siswi selama bulan Ramadhan.

Fahrurozi, Kepala Madrasah, mengatakan bahwa kegiatan ini memang sudah diagendakan sejak awal. “Di awal Ramadhan, kami himbau kepada seluruh siswa untuk melakukan sedekah subuh setiap hari selama Bulan Ramadhan. Untuk meningkatkan antusias siswa dalam bersedekah, siswa membuat celengan sesuai dengan kreasi masing-masing,” ujarnya.

Setelah hampir satu bulan melakukan sedekah subuh, para siswa membawa celengan ke sekolah untuk dihitung bersama dan dikumpulkan guna membeli paket sembako yang nantinya akan disalurkan. Antusias para siswa dalam melakukan sedekah subuh turut diapresiasi, sebanyak 151 paket sembako yang berisi bahan-bahan pokok berhasil dikumpulkan. Paket sembako disalurkan seusai kegiatan pembelajaran selesai.

Fahrurozi menambahkan, tujuan dari kegiatan berbagi ini untuk menggali rasa peduli dalam diri siswa kepada sesama serta meningkatkan kesadaran siswa jika hidup berdampingan dengan masyarakat harus peka dan peduli kepada sesama yang membutuhkan. “Dengan adanya kegiatan sedekah subuh yang kemudian direalisasikan dengan melakukan kegiatan berbagi, diharapkan para siswa dapat menjadi pribadi yang senang berbagi kepada sesama, menguatkan rasa persaudaraan kepada sesama, membangun jiwa sosial dan selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki,” imbuhnya.

Editor:
Axelda Martha
Kontributor:
MIN 13 BLITAR
Penulis:
Ike Wahyu Andini, S.Pd.

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Doa Lintas Agama dalam Peringatan HAB ke-77 Kementerian Agama, Wujud Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat
  • Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kakankemenag Kab. Blitar: Teladani Nilai-nilai Warisan Ki Hajar Dewantara
  • - Pengukuhan Pengurus BKM Kabupaten Blitar Periode 2023-2027, Rabu (25/11/2023).
  • - Apel Korpri Kankemenag Kab. Blitar