Berita

SALING MENGENAL, BERAKHLAK MULIA, DAN BERJIWA PANCASILA MTSN 1 BLITAR GELAR MATSAMA DAN INAUGURASI 2024

Sabtu, 20 Juli 2024 13:20 WIB
  • Share this on:

Kab. Blitar (MTsN 1) - MTsN 1 Blitar menggelar upacara pembukaan Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama) pada Selasa, (16/07) di lapangan utama MTsN 1 Blitar. Upacara dibina oleh kepala MTsN 1 Blitar, Drs. Sihabbudin. Acara dibuka dengan simbolis pelepasan balon udara dan pementasan kembang api. Acara Matsama digelar selama lima hari pada 16 Juli 2024 – 22 Juli 2024 dan satu hari Pramatsama pada 15 Juli 2024. Acara kali ini bertemakan “saling mengenal, berakhlak mulia, dan berjiwa pancasila”. 

Matsama merupakan bagian dari salah satu program pendidikan pada Kementerian Agama. Kegiatan Matsama bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan madrasah, menanamkan nilai-nilai kedisiplinan, tanggung jawab, dan kebersamaan. Matsama di MTsN 1 Blitar bukan sekadar pengenalan lingkungan fisik madrasah tetapi juga mengenalkan budaya, aturan, dan nilai-nilai yang dijunjung tinggi di MTsN 1 Blitar. Pentingnya Matsama sebagai landasan awal siswa beradaptasi dengan lingkungan baru. 

Siswa-siswi mendapatkan pembekalan pada Pramatsama. Adapun selama Matsama, siswa kelas 7 mengikuti berbagai kegiatan meliputi pengenalan profil madrasah, sistem pembelajaran, program madrasah, etika, tata tertib, keagamaan, psikologis, dan fasilitas di madrasah. Selain itu, MTsN 1 Blitar turut mengundang KPAI (Komisi Perlindungan Anak) dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar untuk memberikan wawasan mengenai bentuk-bentuk kekerasan fisik maupun psikis (bullying), pelecehan seksual, Narkotika,  Psikotropika, dan Zat Adiktif (NAPZA), kebiasaan merokok serta pola hidup bersih, sehat, dan halal di lingkungan Madrasah. 

Pada Jumat, (19/07) MTsN 1 Blitar menggelar Inaugurasi Pentas Seni untuk seluruh siswa-siswi. Acara ini digelar di Gedung Olah Raga (GOR) MTsN 1 Blitar. Inaugurasi ini menjadi ruang unjuk potensi dan bakat diri siswa-siswi. Berbagai seni dan ekstrakurikuler ditampilkan meliputi seni tari, musik, drama, colour guard, pencak silat, dan seni perwayangan oleh Dalang Wildan kelas 75.

Acara Matsama diikuti oleh 12 rombel kelas 7 dengan jumlah lebih dari 300 anak. Acara Matsama akan ditutup dengan apel pada Senin, (22/07). Acara Matsama ini disiarkan langsung di akun YouTube MTsN 1 Blitar. Selama kelas 7 Matsama, siswa-siswi kelas 8 melaksanakan latihan baris-berbaris di lapangan Desa Kunir bersama Koramil dan Polsek Kecamatan Wonodadi. 

Editor:
Axelda Martha
Kontributor:
MTsN 1 BLITAR
Penulis:
Nuzuli Rohmah, S.Pd.
Fotografer:
Tim Jurnalis MTsN 1 Blitar

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Doa Lintas Agama dalam Peringatan HAB ke-77 Kementerian Agama, Wujud Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat
  • Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kakankemenag Kab. Blitar: Teladani Nilai-nilai Warisan Ki Hajar Dewantara
  • - Pengukuhan Pengurus BKM Kabupaten Blitar Periode 2023-2027, Rabu (25/11/2023).
  • - Apel Korpri Kankemenag Kab. Blitar