Artikel

Pengajian Selasa Rutin: Lakukan 5 Hal Agar Kita Selamat Dunia dan Akhirat

Selasa, 11 Juni 2024 10:23 WIB
  • Share this on:

Pengajian selasa rutin merupakan agenda wajib kantor Kementerian Agama Kabupaten Blitar, yang dilaksanakan setiap hari Selasa pukul 07.30 WIB di Masjid Al-Huda, dan diikuti oleh seluruh karyawan. Pengajian pagi ini, Selasa (11/06/2024) disampaikan oleh Penyuluh Agama Islam Kecamatan Kesamben, Ustadzah Hj. Khulaifah dengan tema " Lakukan 5 Hal Agar Kita Selamat Dunia dan Akhirat".

Jadi, apa saja sih lima hal agar kita selamat di dunia dan akhirat? Pada pengajian pagi ini, Ustadzah Hj. Khulaifah menyampaikan kelima hal tersebut, yaitu:

1. Sembahlah Allah SWT, beribadahlah kepada Allah dengan beribadah hanya sekedar kebutuhan kepada-Nya. Dalam menjalani kehidupan kita sangat membutuhkan Allah SWT. Dalam keadaan apapun baik di dunia maupaun akhirat, karena tanpa Allah SWT kita tidak bisa hidup.

2. Ambillah dunia, pakailah dunia sekira kamu hidup di dunia. Maksudnya, apapun yang kita dapat didunia ini sebaiknya diambil secukupnya saja, jadi apa yang kita dapatkan tidak hanya untuk kebutuhan dunia saja tetapi harus menyisihkan untuk akhirat. 

"Kalau dunia itu menurut sebagian ulama lebih dari sekedar kehidupan, artinya apapun yang kita manfaatkan, apa yang kita dapat lebih dari yang kita butuhakan, adalah untuk kebutuhan akhirat kita", ucap Ustadzah Hj. Khulaifah

3. Berbuatlah dosa sekira kamu mampu menahan siksa dari Allah SWT, karena tidak ada yang mampu menahan siksa dari Allah dan azab-Nya sangatlah pedih.

4. Silahkan ambil dunia, ambil dunia seberapa lama kita dalam kubur, karena alam kubur adalah awal dari kehidupan kita di akhirat. Ketika mendapatkan keringanan maupun kemuliaan dalam kubur, maka setelahnya akan lebih mudah. Alam kubur merupakan miniatur kehidupan setelah kita meninggal dunia. Kehidupan kuburan adalah pandangan kehidupan di akhirat, jika indah maka balasannya adalah surga, jika buruk balasannya adalah neraka, dan itu adalah hal pasti yang didapatkan manusia setelah selesai pada urusannya di dunia.

5. Lakukan amal sebanyak mungkin untuk meraih surga, seberapa lama kita akan berdiam di surga tergantung amal yang dilakukan selama di dunia.

"Sekiranya kamu ingin dan akan berdiam di surga, pasti semua orang ingin masuk surga-Nya. Kalau bisa semua harus berbuat baik dan beramal sebaik mungkin, niatkan semuanya karena Allah SWT. Karena kita semua ingin bermuara di surga", lanjut Ustadzah Hj. Khulaifah

Editor:
Axelda Martha
Kontributor:
PPL Kankemenag Kab. Blitar
Penulis:
Aisya Naya Umara
Fotografer:
Hanavi

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Doa Lintas Agama dalam Peringatan HAB ke-77 Kementerian Agama, Wujud Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat
  • Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kakankemenag Kab. Blitar: Teladani Nilai-nilai Warisan Ki Hajar Dewantara
  • - Pengukuhan Pengurus BKM Kabupaten Blitar Periode 2023-2027, Rabu (25/11/2023).
  • - Apel Korpri Kankemenag Kab. Blitar