Berita

Pengajian Selasa Rutin: Indahnya Perjalanan Haji

Selasa, 16 Juli 2024 08:54 WIB
  • Share this on:

Pengajian rutin Selasa (16/07024) bersama H. Masjudi, M. Ag. dengan tema pengalaman selama menunaikan ibadah haji. Haji itu indah dan menyenangkan. Haji itu merupakan panggilan dari Allah. Jadi, bukan berarti orang kaya bisa mudah untuk bisa berangkat bahkan melaksanakan haji.  Beliau berpendapat terdapat prinsip untuk berangkat haji "hemat pangkal kaya, utang pangkal punya, untuk berangkat haji"

Haji adalah kesempatan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Apalagi saat di Arafah kesempatan kita untuk melaporkan dosa-dosanya dan kesempatan untuk memohon ampun kepada Allah atas kesalahan yang sudah diperbuat selama ini.

"Jemaah haji yang tidak pergi ke Madinah, ke makam Rasulullah maka salah satu orang yang sombong", ujar H. Masjudi.

Seperti dalam Al-Qur’an disebutkan dalam QS. Al-Baqarah ayat 197 yang berbunyi “ (Muslim) haji itu (pada) bulan-bulan yang telah dimaklumi. Barangsiapa mengerjakan (ibadah) haji dalam (bulan-bulan) itu, maka janganlah dia berkata jorok (rafats), berbuat maksiat dan bertengkar dalam (melakukan ibadah) haji. Segala yang baik yang kamu kerjakan, Allah mengetahuinya. Bawalah bekal, karena sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa. Dan bertakwalah kepada-Ku wahai orang-orang yang mempunyai akal sehat!”
Dalam akhir pengajian beliau berpesan bahwa semoga Jemaah haji yang baru saja melaksanakan haji semoga diampuni dosa-dosanya serta yang belum ada kesempatan berangkat haji semoga semua bisa berangkat haji untuk kedepannya. Aamiin.
 

 

Editor:
Axelda Martha
Kontributor:
PPL Kankemenag Kab. Blitar
Penulis:
Mairani Kharista Putri
Fotografer:
Aditya Eko Farchana

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Doa Lintas Agama dalam Peringatan HAB ke-77 Kementerian Agama, Wujud Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat
  • Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kakankemenag Kab. Blitar: Teladani Nilai-nilai Warisan Ki Hajar Dewantara
  • - Pengukuhan Pengurus BKM Kabupaten Blitar Periode 2023-2027, Rabu (25/11/2023).
  • - Apel Korpri Kankemenag Kab. Blitar