Berita

Pelepasan Siswa Kelas IX MTsN 4 Blitar

Selasa, 21 Mei 2024 20:57 WIB
  • Share this on:

“Orang hebat bisa melahirkan beberapa karya bermutu, guru bermutu bisa melahirkan ribuan orang hebat”.

Yang paling hebat dari seorang guru adalah mendidik dan rekreasi yang paling indah adalah mengajar. ketika melihat murid-murid yang menjengkelkan dan melelahkanmu terkadang hati teruji kesabaran namun hadirkanlah gambaran bahwa di antara satu dari mereka kelak akan menarik tangan kita menuju surga (KH. Maimun Zubair).

Proses sebagai awal dan ujungnya berbentuk hasil. Begitulah interaksi belajar siswa dan mengajarnya seorang guru. Di tengah proses pastilah terjadi interaksi pembelajaran. Belajar menuju perubahan dalam kepribadian yang dimanifestasikan dalam bentuk keterampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan, dan kecakapan. Perubahan yang lebih baik merupakan substansi dari belajar.

Demikian pula yang terjadi di MTsN 4 Blitar, proses “membelajarkan” siswa usai tiga tahun. Secara simbolis pelepasan dikonsep dalam seremoni. Pesan implisit yang bisa dipetik adalah proses belajar “dibatasi waktu” dan alih tanggung jawab terhadap siswa kembali ke orang tua siswa. Haru? Tentu. Karena siswa telah menemukan “bentuk terbaiknya” saat tiga tahun di MTsN 4 Blitar. Penempaan diri menuju yang ter… merupakan proses yang harus siswa pilih untuk jenjang studi selanjutnya. God bless you. Aamiin.

Editor:
Axelda Martha
Kontributor:
MTsN 4 BLITAR
Penulis:
Nanik Sulistiani
Fotografer:
Nanik Sulistiani

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Doa Lintas Agama dalam Peringatan HAB ke-77 Kementerian Agama, Wujud Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat
  • Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kakankemenag Kab. Blitar: Teladani Nilai-nilai Warisan Ki Hajar Dewantara
  • - Pengukuhan Pengurus BKM Kabupaten Blitar Periode 2023-2027, Rabu (25/11/2023).
  • - Apel Korpri Kankemenag Kab. Blitar