Berita

MTsN 9 Blitar Laksanakan Pembinaan KSM Mapel Matematika, IPA dan IPS, Berjalan Lancar

Senin, 1 Juli 2024 12:28 WIB
  • Share this on:

Kab. Blitar (MTsN 9) – Jum'at, (28/06/24) Dalam upaya menpersiapkan siswa/I Kompetisi Sains Madrasah (KSM). MTsN 9 Blitar laksanakan pembinaan KSM, bertempat di ruang kelas MTsN 9 Blitar.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains kalangan siswa madrasah. Sejak awal digelar tahun 2012, KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi. Pada tahun 2018, KSM berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam.
Kompetisi Sains Madrasah 2024 dibuka untuk Satuan Pendidikan baik dari Madrasah (MI,MTs,MA) ataupun dari Sekolah (SD/SMP/SMA Sederajat).

Salah satu upaya untuk memaksimalkan persiapan peserta didik menjelang perhelatan KSM ini, yakni dengan melakukan pembinaan secara terstruktur dan rutin setiap hari, mulai sejak terpilihnya perwakilan peserta didik setelah dilakukan Seleksi KSM Satuan Pendidikan beberapa waktu lalu.

Kegiatan pembinaan peserta didik dilakukan dengan membagi dua kelompok peserta didik dengan mapel berbeda. Untuk mapel Matematika dibimbing langsung oleh guru Matematika Zelvia Malahayati, S.Si, untuk mapel IPA dibimbing oleh Imam Hanafi Ms, S.T, S.Pd dan untuk mapel IPS dibimbing oleh Eki Kurnia Shandy, S.Pd. Masing masing mapel diwakili oleh 4 orang peserta didik. Kegiatan pembimbingan ini dipusatkan diruang Kelas MTsN 9 Blitar.

 Pada kesempatan ini, Kepala MTsN 9 Blitar, Mashudi, M.Pd saat memantau kegiatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada pembina KSM atas kerja keras dan kinerja yang ditunjukkan dalam pembinaan peserta didik.

“Terima kasih kepada Bapak dan Ibu pembina KSM yang telah memberikan bekal ilmu kepada peserta didik, Kerja Keras, Kerja Ikhlas dan Kinerja besar yang ditunjukkan oleh Bapak dan Ibu hari ini merupakan wujud nyata besarnya harapan agar peserta didik kita mampu bersaing dengan peserta dari madrasah lain”, ucapnya.

Lanjut dikatakannya, Kami selaku kepala madrasah menitip harapan besar kepada para peserta didik, agar memaksimalkan waktu yang tinggal beberapa hari lagi untuk giat dan tekun belajar dan memperdalam konsep literasi.

“Semoga setiap upaya dan kerja nyata Bapak dan Ibu pembina KSM, menuai hasil yang diharapkan yakni Salah satu dari peserta didik kita mampu menorehkan hasil yang gemilang pada KSM tingkat Kabupaten/Kota pada Juli mendatang”.

Kontributor:
MTsN 9 BLITAR

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Doa Lintas Agama dalam Peringatan HAB ke-77 Kementerian Agama, Wujud Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat
  • Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kakankemenag Kab. Blitar: Teladani Nilai-nilai Warisan Ki Hajar Dewantara
  • - Pengukuhan Pengurus BKM Kabupaten Blitar Periode 2023-2027, Rabu (25/11/2023).
  • - Apel Korpri Kankemenag Kab. Blitar