Berita

MTsN 9 Blitar Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Rabu, 2 Oktober 2024 09:17 WIB
  • Share this on:

Kab. Blitar (MTsN 9) - Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, MTsN 9 Blitar melaksanakan upacara pada Selasa (1/10/2024) dengan tema "Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas". Upacara ini diselenggarakan untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam peristiwa G30S/PKI, serta menegaskan pentingnya menjaga nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa.

Bertindak sebagai pembina upacara, Danramil Kecamatan Ponggok Kasdi, menyampaikan pesan penting kepada seluruh peserta upacara, khususnya para siswa, mengenai sejarah penetapan Hari Kesaktian Pancasila. "Penetapan Hari Kesaktian Pancasila ini dilatar belakangi oleh insiden kelam pada 30 September 1965. Tepat pada 1 Oktober, Pancasila diperingati sebagai dasar negara yang tak tergantikan oleh paham apapun," ungkapnya.

Pelaksanaan upacara berlangsung khidmat dan diikuti oleh seluruh guru dan pegawai, serta seluruh siswa MTsN 9 Blitar. Upacara kali ini juga berbeda dari biasanya, di mana bendera Merah Putih telah dikibarkan satu tiang penuh sebelum upacara dimulai, sesuai dengan juknis penyelenggaraan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024. Sehari sebelumnya, bendera dikibarkan setengah tiang untuk mengenang pahlawan revolusi yang gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September (G30S).

Dalam amanatnya, Kasdi juga menekankan pentingnya bagi generasi muda untuk terus mempertahankan nilai-nilai luhur Pancasila dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan. "Hari ini adalah momentum untuk meneguhkan kembali kecintaan kita terhadap Pancasila, yang telah terbukti menjadi dasar pemersatu bangsa ini," tambahnya.

Upacara ini menjadi pengingat penting bagi seluruh peserta tentang peran Pancasila dalam menjaga keutuhan bangsa dan menjadi dasar ideologis yang tak tergantikan oleh paham apapun. Dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila, diharapkan generasi penerus bangsa dapat terus menjaga nilai-nilai luhur tersebut serta mempertahankan persatuan dan integritas bangsa.

Pelaksana upacara kali ini terdiri dari para pengurus Osis MTs N 9 Blitar baru masa bakti 2024-2025 melaksanakan tugas upacara dengan baik dan lancar.

Upacara berakhir dengan penuh khidmat, dilanjutkan dengan pemberian motivasi ke peserta didik MTsN 9 Blitar oleh Damramil kecamatan ponggok.

Editor:
Axelda Martha
Kontributor:
MTsN 9 BLITAR
Penulis:
Siswanto
Fotografer:
Siswanto

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Doa Lintas Agama dalam Peringatan HAB ke-77 Kementerian Agama, Wujud Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat
  • Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kakankemenag Kab. Blitar: Teladani Nilai-nilai Warisan Ki Hajar Dewantara
  • - Pengukuhan Pengurus BKM Kabupaten Blitar Periode 2023-2027, Rabu (25/11/2023).
  • - Apel Korpri Kankemenag Kab. Blitar