Berita

MTsN 8 Blitar Wisata Religi Makam Raden Ayu Hj. Siti Khotijah Bali

Sabtu, 27 April 2024 16:53 WIB
  • Share this on:

Kab. Blitar (MTsN 8) - Gusti Ayu Made Rai yang merupakan nama asli dari Raden Ayu Hj Siti Khotijah merupakan putri cantik dari Raja Pemecutan Bali sehingga tidak sedikit para  pembesar kerajaan yang tertarik dengan beliau.
Raden Ayu Made Rai merupakan putri raja pemecutan yang beragama Hindu.
Cerita bahwa suatu saat terkena musibah sakit kuning yang tidak sembuh hingga sang Raja mengadakan sayembara siapa yang bisa menyembuhkan akan dinikahkan dengan beliau,akhirnya  seorang raja Cakraningrat IV dari Madura berhasil menyembuhkan sehingga sesuai janjinya dijadikan permaisuri, yang kemudian menjadi mualaf.
Diakhir hayat Raden Ayu Hj. Siti Khotijah meninggal karena dibunuh saat menjalankan sholat Maghrib, yg dituduh menjalankan ilmu hitam. namun saat akan dibunuh Raden Ayu tidak bisa meninggal dan hanya bisa meninggal dengan konde pemberian suaminya serta meninggal di pangkuan suaminya. Raden Ayu juga meminta jika dia terbukti melakukan ilmu hitam maka jasad dia akan berbau busuk tapi jika jasadnya berbau wangi maka dia tidak melakukan ilmu hitam dan minta dikubur di lingkungan keraton pemecutan Bali.

Singkat cerita jasad beliau berbau harum hingga akhirnya dimakamkan di dekat keraton pemecutan. Karena kekuasaan Alloh rambut beliau tumbuh menjadi pohon besar menjulang tinggi yang dikenal dengan pohon rambut.

Editor:
Axelda Martha
Kontributor:
MTsN 8 BLITAR
Penulis:
Drs. Boimin, M.Pd
Fotografer:
MTsN 8 Blitar

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Doa Lintas Agama dalam Peringatan HAB ke-77 Kementerian Agama, Wujud Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat
  • Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kakankemenag Kab. Blitar: Teladani Nilai-nilai Warisan Ki Hajar Dewantara
  • - Pengukuhan Pengurus BKM Kabupaten Blitar Periode 2023-2027, Rabu (25/11/2023).
  • - Apel Korpri Kankemenag Kab. Blitar