Berita

MIN 2 Blitar Bersinergi dengan Pondok Pesantren Al Kamal, Gelar Pembukaan Pesantren Ramadan 1445 H/2024 M

Kamis, 14 Maret 2024 21:42 WIB
  • Share this on:

Kab. Blitar (MIN 2) – Kamis (14/03), MIN 2 Blitar melaksanakan pembukaan Pondok Ramadan 1445 H. Kegiatan  diikuti seluruh peserta didik kelas 1 sampai dengan kelas 6 beserta guru dan karyawan-karyawati MIN 2 Blitar, juga ustadz-ustadzah dari pondok pesantren Al Kamal Kunir. Pondok Ramadan kali ini dilaksanakan selama 10 hari yakni tanggal 14-23 Maret 2024. Acara ini dibuka oleh Kepala Madrasah di halaman madrasah MIN 2 Blitar. 

Dalam acara pembukaan ini, Kepala Madrasah menyampaikan pesan-pesan serta motivasi untuk menjalani ibadah puasa dengan penuh kesadaran dan keikhlasan. “Dengan adanya pondok Ramadan ini, saya harapkan anak–anak untuk belajar mandiri layaknya santri, senantiasa memperbanyak amal saleh, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan dibulan yang penuh berkah dan ampunan ini”, ujar Darmaji, S.Ag., M.Pd.

Kegiatan pondok Ramadhan ini dimulai dari 14 - 23 Maret 2024 bersinergi dan berkolaborasi dengan pihak Yayasan Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal. Selama Pondok Ramadan, peserta didik kelas 1, 2 dan 3 masuk pukul 07.00–11.00 WIB, kelas 4-6  dibagi menjadi tiga gelombang untuk bermukim di madrasah. Kegiatan selama pondok Ramadan dimulai dengan sholat Dhuha bersama–sama, kultum, kemudian diikuti dengan tadarus Al Qur’an, mengenalkan makna gandul/pegon, kajian Kitab Ayyuhal Walad, Washoya, tips-tips Ramadan sehat serta melatih pembiasaan Qiyamul Lail kepada peserta pondok Ramadan yang bermukim.

Dengan serangkaian kegiatan pondok Ramadan ini diharapkan dapat menjadi bekal yang berharga dalam menjalani ibadah Ramadan dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Bulan Ramadhan yang mulia ini harus diisi dengan aktivitas yang berkualitas yang mampu meningkatkan ketaqwaan dan keimanan. (BK) 

Editor:
Axelda Martha
Kontributor:
MIN 2 BLITAR
Penulis:
Binti Kholifah
Fotografer:
In'amul Habib

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Doa Lintas Agama dalam Peringatan HAB ke-77 Kementerian Agama, Wujud Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat
  • Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kakankemenag Kab. Blitar: Teladani Nilai-nilai Warisan Ki Hajar Dewantara
  • - Pengukuhan Pengurus BKM Kabupaten Blitar Periode 2023-2027, Rabu (25/11/2023).
  • - Apel Korpri Kankemenag Kab. Blitar