Artikel

Membanggakan, MIN 4 Blitar Mewakili Diseminasi Hasil AKMI 2023 dalam Seminar Nasional

Senin, 11 Desember 2023 10:53 WIB
  • Share this on:

Kita sebagai warga Kemenag Kabupaten Blitar patut bersyukur dan bangga karena salah satu lembaga pendidikan di bawah Kemenag Kabupaten Blitar terpanggil untuk mengikuti Diseminasi Hasil AKMI dalam Seminar Nasional yang bertempat di hotel Grand Mercue Kemayoran Jakarta Pusat. Acara diselenggarakan Senin, 4 Desember sampai dengan Kamis, 7 Desember 2023.

Apakah AKMI itu?

AKMI adalah singkatan Assesmen Kompetensi Madrasah Indonesia yang tujuannya adalah untuk melihat kemampuan peserta didik dari 4 (empat) sisi, yaitu kemampuan berbahasa, kemampuan numerasi, kemampuan sains dan kemampuan sosial budaya. Sasarannya adalah mereka siswa yang kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah (MI) tapi penyelenggaraannya ketika mereka sudah di kelas 5.

Adapaun MI yang divisitasi oleh team AKMI jumlahnya lebih kurang 8.600 se-Indonesia. Setelah melalui beberapa tahap, ditemukanlah 6 (enam) MI yang dinyatakan sebagai madrasah yang menginspirasi, yaitu :

  1. MIN 4 Blitar Jawa Timur
  2. MI Ma’arif NU Sunan Drajat Lamongan Jawa Timur
  3. MI Al-Khairaat Malei Poso Sulawesi
  4. MI Rahmah El Yunusiyyah Diniyyah Pute Padang Panjang Sumatara Barat
  5. MIS Bojongmekar Bandung Barat Jawa Barat
  6. MI Darussalam Jembrana Bali

Kenapa MIN 4 Blitar sampai harus datang di acara tersebut?

MIN 4 Blitar sudah mengikuti 2 (dua) kali mengikuti AKMI yaitu tahun 2021 dan 2023. Namun dalam mengikuti AKMI tahun 2021 hasilnya yaitu pada Capaian Kompetensi/CK 1 (Dasar) dan di tahun 2023 hasilnya adalah pada Capaian Kompetensi/CK 3 dan sebagian anak sudah ada yang di CK 4. Target untuk hasil AKMI untuk MI Nasional adalah di Capaian Kompetensi CK 3. Namun MIN 4 Blitar justru ada yang di CK 4. Maka tim AKMI Nasional mengadakan penelitian lewat visistasi yang dilaksanakan 24 November 2023 oleh Iin Fatmawati, salah satu tim AKMI Nasional. Dalam penelitian tersebut, beliau menyimpulkan naiknya hasil AKMI MIN 4 Blitar yang drastis tersebut ternyata mengadakan Pembelajaran Berbasis Literasi yang bisa menginsirasi pada madrasah yang lain.

Karena itulah Kepala MIN 4 Blitar, Mahfud, M.Pd.I., dinilai berhasil dalam berliterasi kemudian diundang di acara tersebut dan sekaligus diminta untuk menyampaikan inovasi-inovasinya dalam melaksanakan pembelajaran literasi pada sesi acara TALKSHOW selama 1 (satu) jam.

Adapun dalam acara tersebut, kepala MIN 4 Blitar, Mahfud, M.Pd.I., menyampaikan 4 (empat) hal yang dianggap menginspirasi oleh tim AKMI yaitu :

  1. GOA LITERASI
  2. TABAH [TANGGA BAHASA]
  3. BARCODE LITERASI
  4. DUTA LITERASI

Alhamdulilah TALKSHOW diberi kelancaran dan setelah turun dari panggung banyak orang yang menghampiri bahkan ketua panitia pelaksana desiminasi AKMI, Jamilun, memberi ucapan selamat pada MIN 4 Blitar. Selanjutnya, salah satu tim AKMI berharap agar dapat bertandang ke MIN 4 Blitar sebagai referensi karya tulisnya. (Hms)

Editor:
Axelda Martha
Kontributor:
MIN 4 BLITAR
Penulis:
Humas

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Doa Lintas Agama dalam Peringatan HAB ke-77 Kementerian Agama, Wujud Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat
  • Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kakankemenag Kab. Blitar: Teladani Nilai-nilai Warisan Ki Hajar Dewantara
  • - Pengukuhan Pengurus BKM Kabupaten Blitar Periode 2023-2027, Rabu (25/11/2023).
  • - Apel Korpri Kankemenag Kab. Blitar