Berita

Kejarlah Daku, Aku Akan Berlari Lebih Cepat

Rabu, 2 Oktober 2024 13:10 WIB
  • Share this on:

Kejarlah Daku, Aku Akan Berlari Lebih Cepat

 

Pada saat tertentu kita memiliki dua pilihan; untuk melangkah ke depan menuju pertumbuhan atau mundur ke belakang menuju kenyamanan. Abraham Maslow

 

Semangat  mengubah diri menuju bentuk terbaik menjadi ruh yang menghidupkan meeting room kantor Kementerian Agama Kabupaten Blitar pada Rabu, 02 September 2024. Berkumpul dalam satu belanga keilmuan, Dr. H. Syaikhul Munib, M.Ag. selaku kasubag. tata usaha sekaligus  plt. kasi pendma, Dr. Diyanus Abdul Baqi, M.Ag. berperan sebagai ketua pokjawasmad., berikut dengan pengawas RA lengkap dengan K3RA kabupaten Blitar guna membahas tuntas tentang program Pramuka Pra Siaga.

Gelombang  Pramuka Pra Siaga (PPS) bergelora. Menjadi isu nasional yang dikaitkan dengan sinergisitasnya dengan Kurikulum Merdeka. Bagaimana tidak ending dari proses memiliki kemiripan. Apakah yang didapat dari keduanya (Pramuka Pra Siaga dan Kurikulum  Merdeka)? Keduanya  berujung pada happiness, health, helpful, handycraft  (kebahagiaan, kesehatan, suka menolong, buah karya).

Belum lagi konsep belajar sambil bermain dalam kepramukaan adalah salah satu relevansi dengan Kurikulum Merdeka. Di sisi lain harapan mulia tersirat, tersurat, dan tersorot  dalam SKU Pramuka yang diharapkan diimplementasikan dalam keseharian (learning by doing). Kesemuanya  berakhir pada Pendidikan Ramah Anak yang terbebas dari bullying. Bukankah hal ini berindikasi pada semangat berubah menjadi lebih baik (utamanya di lingkup RA Kabupaten Blitar).

Pramuka Pra Siaga memiliki keutamaan pada pendidikan karakter, asah asih asuh adalah pamong belajarnya, dan eka satya dan eka dharma sebagai janji baktinya. Satu lagi untuk batasan usia Pramuka Pra Siaga adalah kurang dari 7 tahun, prinsip pembelajarannya menarik, menantang, dan menyenangkan, dan karakter pembeajaran mengoptimalkan moral spiritual.

Bagaimana Ayah Bunda (sebutan khusus untuk kakak Pembina pada jenjang Pra Siaga), siap mengawal dan menggalakkan Pramuka Pra Siaga). Semoga Allah SWT senantiasa membersamai niat baik kita. Aamiin.

Kalau ingin melakukan perubahan, jangan tunduk terhadap kenyataan. Asalkan kamu yakin di jalan yang benar, maka  lanjutkan

Abdurrahman Wahid

Editor:
Axelda Martha
Penulis:
Nanik Sulistiani
Fotografer:
Nanik Sulistiani

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Doa Lintas Agama dalam Peringatan HAB ke-77 Kementerian Agama, Wujud Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat
  • Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kakankemenag Kab. Blitar: Teladani Nilai-nilai Warisan Ki Hajar Dewantara
  • - Pengukuhan Pengurus BKM Kabupaten Blitar Periode 2023-2027, Rabu (25/11/2023).
  • - Apel Korpri Kankemenag Kab. Blitar