Berita

Kegiatan Penjaringan Kesehatan (Skreening) di MTsN 4 Blitar

Senin, 30 Oktober 2023 11:11 WIB
  • Share this on:

Kab. Blitar (MTsN 4) – Madrasah peduli akan kesehatan peserta didik diwujudkan dalam bentuk screening atau penjaringan kesehatan meliputi pemeriksaan mata, telinga,  gigi, kuku, dan kebersihan anggota badan. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan dan merupakan MoU antara MTsN 4 Blitar, Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, dan Puskesmas Gandusari. Tujuannya jelas mengkondisikan fisik peserta didik sehat maksimal agar dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Schedule Rabu, 25 Oktober kelas 8 EFGHI dan kelas 9 ABCDEFGH mengikuti sosialisasi Gerakan Mayarakat Sehat GERMAS oleh dinkes dan sosialisasi kenakalan remaja yang disajikan Polres Kab. Blitar yang dilokasikan indoor MTsN 4 Blitar. Peserta didik antusias mengikuti kegiatan ini. Sementara kelas 7 ABCDEFGHI dan kelas 8 ABCD melaksanakan penjaringan kesehatan mata, telinga,  gigi, kuku, dan kebersihan anggota badan.

Kegiatan diawali dengan senam aerobik bersama di halaman upacara diikuti seluruh pendidik, staf tata usaha, dan seluruh peserta didik tentunya. Aerobik berlangsung sekitar 30 menit. Kegiatan berikutnya dibagi menjadi dua di indoor sosialisasi GERMAS dengan pemateri dari Dinkes dan Polres Kabupaten Blitar sementara yang di kelas-kelas melaksanakan screening didampingi petugas kesehatan dari Puskesmas Gandusari dan para wali kelas pastinya.

Kegiatan di indoor dimulai dengan memahamkan pada audien tentang cara mencuci tangan, mium tablet penambah darah agar terbebas dari anemia, dan makan makanan bergizi supaya kelak lahir generasi anti stunting menuju Indonesia sehat. Peserta didik juga dianjurkan untuk berolah raga secara teratur, minimal dua kali dalam satu minggu, senam untuk aktivitas fisik setidaknya 30 menit dalam sehari, keseimbangan antara makan dan olah raga menuju stamina prima. Mengubah kebiasaan makan buah-buah sebelum makan makanan utama.

Sementara itu dari Polres Kabupaten Blitar mengimbau agar tidak terlibat dalam kenakalan remaja. Remaja yang sehat harapan masa depan bangsa yang gemilang.  Jargon say no to smoke, to drug, and to alcohol didengungkan agar remaja Indonesia khususnya pelajar MTsN 4 Blitar terbebas dari zat adiktif. Harapan mulia juga disematkan oleh pemateri dari Polres agar tidak terlibat dalam tawuran antarpelajar, dan mulai membudayakan mengendarai sepeda angin bukan sepeda motor karena memang belum memiliki kelengkapan berkendara (SIM).

Di akhir sosialisasi dari Dinkes dan Polres Kab. Blitar memviralkan SALAM CINTA Ada Cinta… Ada Sayang… I Love You, (disertai dengan gesture tangan menyilang ke dada dan gesture sarangheo) sementara SALAM GERMAS Sehat Bugar Produktif Ceria (disertai gesture tangan kanan dan kiri mengepal bergantian, menyatukan kedua tangan di depan dada, dan meletakkan kedua tapak tangan di bawah dagu). Peserta didik pun hari ini mendapatkan kebahagiaan tiada tara. Di akhiri dengan salam UKS MTsN 4 Blitar selaku penyelenggara kegiatan Sehat Dimulai Dari Saya. Tepat pukul 11.00 WIB acara usai dan peserta didik kembali ke kelas untuk mengikuti pembelajaran selanjutnya yaitu jam ke 7 sampai jam kesepuluh. Alhamdulillahi Robbil Alamin. (NA)

Editor:
Axelda Martha
Kontributor:
MTsN 4 Blitar
Penulis:
Nanik Sulistiani

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Doa Lintas Agama dalam Peringatan HAB ke-77 Kementerian Agama, Wujud Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat
  • Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kakankemenag Kab. Blitar: Teladani Nilai-nilai Warisan Ki Hajar Dewantara
  • - Pengukuhan Pengurus BKM Kabupaten Blitar Periode 2023-2027, Rabu (25/11/2023).
  • - Apel Korpri Kankemenag Kab. Blitar