Berita

Jihad Santri MTsN 4 Blitar, Jayakan Negeri

Senin, 30 Oktober 2023 10:57 WIB
  • Share this on:

Kab. Blitar (MTsN 4) – Minggu (22/10), upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional digelar di halaman MTsN 4 Blitar. Jihad (usaha dengan segala daya upaya untuk mencapai kebaikan) dalam melaksanakan upacara di tanggal merah dilaksanakan dengan khidmat oleh santri MTsN 4 Blitar. Memaknai kata santri itu sendiri adalah pribadi yang memiliki 3 kebaikan secara terpadu. Tiga kebaikan tersebut adalah berakhlak baik pada Allah, berakhlak baik pada sesama manusia dan berakhlak baik pada alam semesta. Ketiga kebaikan itu diejawantahkan dalam bentuk upacara bendera.

Kilas balik Hari Santri Nasional (regulasi), keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri. Keputusan presiden tersebut didasari oleh tiga pertimbangan. Selain itu, ditetapkannya Hari Santri Nasional juga didasari oleh tiga alasan penting yang disampaikan oleh Ketua Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Abdul Ghofar Rozin. Dalam hal tersebut, beliau menjelaskan bahwa tanggal 22 Oktober tersebut mengingatkan pada Resolusi Jihad yang dicetuskan Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari, sebuah ketetapan yang menggerakkan massa untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Selanjutnya di tataran pelaksanaan Kemenag menerbitkan Surat Edaran Menteri Agama tentang Panduan Pelaksanaan Peringatan Hari Santri. Peringatan Hari Santri 2023 dapat dilakukan melalui kegiatan zikir, shalawat, munajat, doa, dan kegiatan lainnya yang relevan dengan tema.

Tema Hari Santri 22 Oktober 2023 yaitu ‘Jihad Santri Jayakan Negeri’. Hal ini mengandung makna bahwa peringatan Hari Santri ingin merayakan semangat dan dedikasi para santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan memberantas kebodohan.

Para santri adalah penjaga terdepan dalam melawan ketidakpahaman, kebodohan, dan ketertinggalan. Jihad intelektual adalah cara untuk membela nilai-nilai keadilan, perdamaian, dan pengetahuan. Santri adalah teladan dalam menjalani jihad ini. Dengan buku sebagai senjata dan pena sebagai tongkat kebijaksanaan, mereka memperdalam ilmu dan menyebarkan cahaya pengetahuan.

Semoga para peserta didik MTsN 4 Blitar yang notabene santri mampu dan mau mengemban tugas mulia tersebut. Semoga Allah senantiasa bersama keluarga besar MTsN 4 Blitar. Aamiin. (NA)

Editor:
Axelda Martha
Kontributor:
MTsN 4 Blitar
Penulis:
Nanik Sulistiani

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Doa Lintas Agama dalam Peringatan HAB ke-77 Kementerian Agama, Wujud Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat
  • Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kakankemenag Kab. Blitar: Teladani Nilai-nilai Warisan Ki Hajar Dewantara
  • - Pengukuhan Pengurus BKM Kabupaten Blitar Periode 2023-2027, Rabu (25/11/2023).
  • - Apel Korpri Kankemenag Kab. Blitar