Artikel

Guru adalah Dian Ilmu yang ‘Tak ‘Kan Padam

Kamis, 29 Pebruari 2024 11:02 WIB
  • Share this on:

Teladan adalah siar yang mudah dicerna dan dipahami. Begitu juga dalam hal menulis. Berkecimpung di dunia pendidikan yang memerlukan obor teladan maka guru adalah garda depan.

Antologi cerita pendek “Sepenggal Waktu Seorang Guru Tua” karya bersama antara kepala sub bagian Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blitar, Bapak Syaikul Munib, M. Pd. dan para guru yang tergabung dalam MGMP Bahasa Indonesia MTs wilayah Blitar Timur merupakan contoh keteladanan itu sendiri.. Mencoba memberi bentuk (meski belum sempurna) dengan penuh harap menyumbang warna literasi.

Ide cerita yang beragam menunjukkan bahwa kreativitas tidak bisa dibatasi ruang. Semangat belajar sepanjang hayat mengalir menuju hilir. Antologi cerita pendek “Sepenggal Waktu Seorang Guru Tua” menggambarkan betapa hidup manusia dibatasi waktu. Penuh harap “sepenggal waktu”  penuh manfaat. Guru sebagai profesi di lokasi kerja dan sebagai sosok anutan di lingkup keluarga berkolaborasi menebar fungsi. Keduanya secara simultan menunjukkan jati diri. Kata “teladan” bukanlah sekadar isapan jempol, terejawantah dalam pola pikir dan tindak-tanduk.

Guru, sebagaimana filosofi dari maestro pendidikan Indonesia KH Dewantara Ing ngarsa sung tulada guru adalah pendidik yang harus menjadi panutan. Ing madyo mangun karso di tengah para murid terus  membangun semangat dan ide-ide untuk berkarya. tut wuri handayani seorang guru adalah pendidik yang menuntun, menopang, dan menunjuk arah yang benar bagi anak didiknya. Aamiin.

Editor:
Axelda Martha
Kontributor:
MTsN 4 Blitar
Penulis:
Nanik Sulistiani

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Doa Lintas Agama dalam Peringatan HAB ke-77 Kementerian Agama, Wujud Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat
  • Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kakankemenag Kab. Blitar: Teladani Nilai-nilai Warisan Ki Hajar Dewantara
  • - Pengukuhan Pengurus BKM Kabupaten Blitar Periode 2023-2027, Rabu (25/11/2023).
  • - Apel Korpri Kankemenag Kab. Blitar