Berita

Forum Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam Taman Kanak–Kanak di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blitar

Kamis, 29 Pebruari 2024 10:56 WIB
  • Share this on:

Kab. Blitar (PAIS) -  Kepala Seksi PAIS Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blitar menghadiri undangan sekaligus mengisi acara FKG TK (Forum Komunikasi Guru Taman Kanak-Kanak) yang dihadiri oleh Ketua FKG, segenap pengurus, seluruh anggota dan Pengawas PAI yakni Miftah Qurohmah, S.Ag, dengan total 37 peserta.

Drs. H. Moh. Rosyad, M.Si selaku Kasi PAIS dalam sambutannya menyampaikan ada beberapa poin yakni tentang persiapan pencairan TPG, dimana ada sekitar 200 dispensasi yang harus dilampirkan karena rasio jumlah siswa yang tidak memenuhi syarat, berikutnya tentang pengajuan 5 orang calon pengawas yg sudah lulus seleksi untuk mengikuti Diklat Cawas , terdiri dari 2 orang calon pengawas madrasah dan 3 orang calon pengawas PAIS.

“GPAI yang sudah lulus pretest tahun 2022-2023 sejumlah 370 dan yang akan mengikuti pretest tahun 2024 ada 52 orang. Semoga semua mendapatkan yang terbaik “, tutup Rosyad pada kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu (28/2) ini.

Forum-forum seperti FKG, KKG/MGMP sangat penting sebagai wadah untuk menyalurkan aspirasi para guru PAI dalam usaha untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan agama Islam tempat tugas maisng-masing.

Kementerian Agama dalam hal ini Seksi Pendidikan Agama Islam yang bersentuhan langsung dengan tenaga pendidik PAI akan selalu siap memfasilitasi setiap kegiatan FKG PAI dalam meningkatkan peran dan fungsinya.

Secara kelembagaan TK merupakan binaan dari Dinas Pendidikan, namun dilihat dari tenaga pendidik terutama guru PAI, kewajiban Kementerian Agama untuk memberikan ruang pembinaan.

FKG PAI sebagai wadah yang sangat strategis untuk menggagas dan mendiskusikan segala hal yang berkaitan dengan tugas guru PAI sesuai dengan tuntutan kurikulum saat ini.

Untuk keberlanjutan forum ini, diharapkan adanya komitmen yang kuat untuk membangun dunia melalui pendidikan agama tanpa ada muatan-muatan khusus yang dapat menggagalkan tujuan utama dari keberadaan FKG tersebut. (Sania)

Editor:
Axelda Martha
Kontributor:
PAIS Kemenag Kab. Blitar
Penulis:
Tsaniatu Rachmanita Syafithri

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Doa Lintas Agama dalam Peringatan HAB ke-77 Kementerian Agama, Wujud Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat
  • Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kakankemenag Kab. Blitar: Teladani Nilai-nilai Warisan Ki Hajar Dewantara
  • - Pengukuhan Pengurus BKM Kabupaten Blitar Periode 2023-2027, Rabu (25/11/2023).
  • - Apel Korpri Kankemenag Kab. Blitar