Berita

Apel Pagi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blitar, Penyelenggara Zakat dan Wakaf: "Pengelolaan Zakat Dipastikan Aman Syar'i, Regulasi dan NKRI"

Senin, 5 Pebruari 2024 15:52 WIB
  • Share this on:

Blitar (Humas) -  Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Blitar menggelar apel pagi pada Senin (5/2). Berlangsung di halaman Kankemenag Kab. Blitar, pembina apel, Mun'im Sufufi, menyampaikan bahwa pengelolaan zakat di Kankemenag Kab. Blitar dilaksanakan secara aman, baik secara syar'i, regulasi, dan NKRI.

"Pengelolaan zakat dipastikan aman syar'i, regulasi dan NKRI", kata Mun'im.

Hal ini dijelaskan lebih lanjut oleh Mun'im Sufufi, Penyelenggara Zakat dan Wakat di hadapan seluruh karyawan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blitar, termasuk kepala seksi dan penyelenggara, juga mahasiswa magang.

"Aman syar'i berarti disalurkan ke 8 (delapan) asnaf (golongan). Zakat juga disalurkan sesuai regulasi, tidak digunakan untuk membiayai kelompok ekstrim (seperti teroris), juga mendukung program pemerintah", lanjut Mun'im.

Delapan golongan yang dimaksud adalah fakir, miskin, amil, muallaf, gharimin, riqab, fii sabilillah, dan ibn sabil sebagai mustahiq (orang-orang yang berhak menerima zakat). Dalam hal ini, zakat disalurkan oleh UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Kankemenag Kab. Blitar melalui Baznas atau secara mandiri. Tak hanya zakat, wakaf dan shodaqoh juga diterima dan disalurkan melalui mekanisme yang berlaku sesuai aturan.

Semoga hal ini dapat memberi dampak positif baik bagi muzakki (orang yang dikenai kewajiban membayar zakat) maupun mustahiq zakat. Aamiin. (Ax)

Editor:
Axelda Martha
Penulis:
Axelda Martha
Fotografer:
Suci Rizky Amalya

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Doa Lintas Agama dalam Peringatan HAB ke-77 Kementerian Agama, Wujud Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat
  • Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kakankemenag Kab. Blitar: Teladani Nilai-nilai Warisan Ki Hajar Dewantara
  • - Pengukuhan Pengurus BKM Kabupaten Blitar Periode 2023-2027, Rabu (25/11/2023).
  • - Apel Korpri Kankemenag Kab. Blitar